Kamu sering ga ngerasa males waktu bangun pagi? Kayak ga bersemangat buat jalanin aktifitas harian atau mikirnya udah jelek-jelek aja nih buat hari ini. Satria bold kata-kata sering ya. Kalian pasti pernah denger yang Namanya IKIGAI? Iki means life and gai means value/worth. Jadi konsep IKIGAI ini kayak tujuan dan nilai hidup untuk kita jadi semangat menjalani hari-hari.

Pada dasarnya,

ikigai bisa membuat kita tetap berpikiran positif walaupun dalam keadaan yang ga enak.

Jadi, meskipun tahu hari ini kamu harus bayar cicilan ini itu, bangun lebih pagi karena ada meeting pagi, dll ikigai akan membantu kamu untuk terus bertahan dan Bahagia menghadapinya.

Ikigai

Sesekali merasa berat memulai hari menurut Satria itu wajar kok! It’s okay to be unproductive for a day, just enjoy it! For a day yaa, kalo berhari-hari atau sering, artinya ada yang perlu diubah dari kamu.

Apapun yang kita kerjain, sekolah, kuliah, kerja atau jadi ibu rumah tangga, pasti menyita waktu. Banyak dari kita yang akhirnya menggangap profesi kita sebagai tanggung jawab yang harus kita selesaikan.

Selesaiin kuliah biar direstuin calon mertua atau kerja yang penting dapur ngebul. Iya, selesai aja, dikerjain aja. Bagaimana hasilnya dan bagaimana perasaan kita saat mengerjakannya kadang-kadang kita sampingin.

Kita sampe lupa kalo kebahagiaan itu penting dan salah satu untuk mengelola rasa bahagia kita adalah menemukan dan menanamkan nilai positif dalam setiap aspek dan kegiatan dalam hidup kita.

Karena hidup ga selalu mulus kan. Kadang rencana kayak gini hasilnya kayak gitu. Udah siapin presentasi sampe subuh, eh meetingnya di cancel. Udah lama PDKT, eh ditikung temen sendri. Uang bulanan tinggal selembar, eh ilang and you name it lah apa aja hal-hal nyebelin yang pasti banget pernah dan akan kita hadepin. Namanya juga hidup kan, kayak koin punya 2 sisi yang berbeda, kayak roda yang berputar, yin dan yang, dll. Pokoknya Namanya hidup pasti ada baik ada buruk, ada sedih ada seneng. Yang jadi poinnya adalah bagaimana kita merespon hal-hal yang terjadi dalam hidup kita.

Udah bahas konsep IKIGAI dan kebahagiaan, emang ada hubungannya sama hidup kita? Simak yuk, begini kira-kira ilustrasi IKIGAI:

Untuk paham tentang IKIGAI, kita belajar dari cerita Rina ya (tetangga Satria, hehe). Jadi, ikigai itu gabungan dari 4 hal.

Konsep Ikigai

Rina sudah menemukna IKIGAI nya, dia happy banget sama kerjaannya. Dan yang pasti dia ga ngeluh kenapa hari senin ke sabtu tuh lama banget.

Nah pertanyaannya, apakah semua orang seberuntung Rina bisa ketemu Ikigai-nya. Dari 4 point di atas, biasanya kita ga bisa dapet semuanya, contohnya:

  1. Punya passion & profession. Kamu suka ngerjainnya dan dapet hasil (digaji) tapi kamu ngerasa kurang bermanfaat atau berkontribusi.
  2. Punya passion dan mission. Ya kayak kerja bakti yaa, suka sih ngerjainnya, bermanfaat sih, tapi belum ada hasilnya.
  3. Punya mission dan vocation. Kamu suka ngerjainnya dan bermanfaat, tapi sebenernya kamu ga jago-jago banget. Kamu jadi ragu deh sama yang lagi kamu kerjain.
  4. Punya vocation dan profession. Kamu jago, kamu di gaji, orang-orang butuh skill kamu, tapi sebenernya kamu ga suka ngerjainnya.

Nah kamu di nomer berapa nih? Sebenernya dimanapun tahap kita, poinnya adalah bagaimana kita merespon adalah hal yang paling penting.

Gausahlah ngomong-ngomong soal passion, mission, ikigai kalo kita aja belom happy. It’s okay manusia berproses kok, sesuatu yang baik ga terjadi satu malam. Berapa banyak kisah orang-orang yang sukses di umur mereka yang ga muda lagi.

Jangan sedih. Masih banyak yang bisa kita syukurin. Cari hal-hal kecil untuk di syukurin setiap harinya. Itu salah satu cara Bahagia.

Ga selamanya materi itu jadi standard Bahagia. Walaupun Satria realistis, semua butuh duit yaa, tapi percaya deh, saldo di atm ga jadi standard Bahagia kita kok!

Selama kita happy, berpikiran positif, kita pasti bisa kok jadi yang kita mau!

Karena semua orang berhak Bahagia!

Untuk yang merasa belum ketemu sama bakatnya, cari terus apasih bakat kita? Biasanya bakat itu ngumpet di hobi kita.

Yang satria percaya. Kita semua pasti punya bakat masing-masing kok!

Gampangnya, coba deh cari hobi yang dibutuhkan dunia (bermanfaat) dan asah terus sampe kamu pantes di bayar dari hobi kamu!

Semangat Pejuang cuan! Jangan lupa Bahagia! Kalau belum bahagia, cek and ricek lagi yaa soal konsep IKIGAI. Bisa banget buat bantu kamu, loh!